Ini Dia Tips Memaksimalkan Cahaya Alami yang Masuk ke Rumah

Bagaimana jadinya kalau kamu berada di dalam rumah yang pengap dan minim cahaya? Pasti tidak akan betah lama-lama berada di dalamnya. Jadi, pastikan rumah yang kamu tinggali mendapatkan pencahayaan alami yang maksimal. Kamu tidak perlu banyak memasang lampu untuk menyinari ruangan dalam rumah. Cukup dengan memaksimalkan cahaya, maka rumah kamu akan terang dan tidak terasa pengap. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar cahaya banyak masuk ke dalam rumahmu. Yuk, simak penjelasan berikut ini!

Tips Memaksimalkan Cahaya

5 Tips Agar Rumah Mendapatkan Banyak Cahaya Alami

Cara yang paling umum digunakan oleh banyak orang agar banyak cahaya yang masuk ke rumah adalah dengan memasang kanopi kaca, karena bahannya transparan, cahaya jadi leluasa masuk ke dalam rumah. Itu hanya salah satu cara dari banyak cara untuk membuat rumahmu terang benderang. Coba deh lakukan tips-tips berikut ini agar rumahmu tidak gelap!

1. Letakkan Cermin Dekat Jendela

Jendela adalah sumber masuknya cahaya. Agar cahaya bisa menyebar hingga ke semua penjuru ruangan, letakkan Cermin di dekat jendela. Fungsinya adalah untuk memantulkan cahaya yang masuk dari jendela ke sisi-sisi yang tidak terjangkau oleh pencahayaan langsung. Gunakan cermin ukuran secukupnya sesuai dengan bentuk jendela. Pastikan cahaya dapat masuk dengan sempurna sehingga ruangan menjadi terang.

2. Jangan Taruh Perabotan Menghalangi Cahaya

Kalau ingin ruangan rumahmu dimasuki oleh banyak cahaya, jangan pernah menaruh perabotan yang menghalangi masuknya cahaya. Apalagi perabotan-perabotan yang ukurannya besar seperti lemari. Misalnya kamu menaruk lemari persis di depan jendela, pasti cahaya tidak akan masuk dengan leluasa. Lebih baik pindahkan perabotan itu ke sisi ruangan yang lain agar tidak menghalangi masuknya cahaya.

3. Pasang Bahan Reflektif di Dinding

Nah cara ini yang tidak banyak orang sadari. Memasang bahan reflektif seperti keramik atau bahan kaca di dinding bisa memaksimalkan masuknya cahaya. Oh ya, tips ini sangat bergantung pada kondisi rumah dan dinding, ya. Jika tidak memungkinkan untuk dipasangi keramik atau bahan kaca, ya lebih baik memakai tips yang lain. Tapi jika dinding di rumahmu bisa dipasangi bahan reflektif tersebut, itu lebih baik.

4. Pilih Warna Cat yang Cerah

Pewarnaan dinding dengan cat juga dapat memengaruhi seberapa besar cahaya bisa masuk. Kalau kamu menggunakan lebih banyak cat berwarna gelap, maka cahaya tidak dapat terserap dengan baik. Oleh karena itu, sangat disarankan gunakan cat yang berwarna cerah seperti kuning, oranye, atau biru muda. Dengan cara seperti itu cahaya bisa diserap oleh warna cat dinding dan menyebar ke seluruh sisi ruangan.

5. Gunakan Kanopi Kaca

Ini dia cara yang sudah banyak dilakukan oleh pemilik rumah. Memasang kanopi jenis kaca sangat efektif untuk membuat cahaya masuk lebih banyak. Harga kanopi kaca sangat beragam bergantung pada kualitas yang ditawarkan. Pilihlah kanopi jenis kaca yang memiliki kualitas terbaik agar tidak mudah rusak atau pecah. Jika sudah terpasang, jangan lupa untuk rajin membersihkan bagian atasnya agar kotoran tidak menghalangi masuknya cahaya.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar cahaya alami bisa masuk ke dalam rumah secara maksimal. Yang tidak kalah penting, perhatikan porsi cahaya yang masuk ke ruangan. Jangan sampai terlalu banyak karena bisa membuat kepanasan dan juga tidak baik kalau sedikit cahaya yang bisa masuk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *