Inilah Hal yang Harus Diketahui Sebelum Memutuskan untuk Membeli Shower

Punya rencana merombak kamar mandi dan menjadikannya lebih modern? Salah satu komponen yang tak boleh terlupakan adalah shower mandi. Keberadaan shower ini akan membantu pemilik rumah mendapatkan sensasi mandi yang segar dan juga ruangan terlihat lebih artistik. Selain itu, shower juga mampu menghemat air hingga sepertiganya jika dibanding dengan menggunakan gayung. Kalau dilihat dari segi waktu, shower juga membuat orang yang mandi tak perlu mengisi bak mandi dulu, sehingga proses membersihkan diri jadi lebih cepat. Nah, shower ini sendiri ada banyak sekali jenisnya loh, ada shower box, handle shower (yang bisa dipegang), rain shower, dan banyak lagi. Biar enggak bingung simak dulu deh beberapa hal yang harus diketahui sebelum membeli shower.

Jenis Shower Beserta Kegunaannya

Inilah Hal yang Harus Diketahui Sebelum Membeli Shower

Yang paling penting nih, sebelum membeli shower putuskan dulu jenis seperti apa yang dibutuhkan. Setiap shower ini tentu punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Ada banyak sekali pilihan shower yang bisa digunakan. di antaranya:

Single spray shower

shower ini harganya sangat murah dan terjangkau yaitu sekitar Rp 50.000 – Rp 500.000. Akan tetapi untuk bisa mengubah percikan airnya, ia harus diatur dengan cara manual. Bisa memutar kepala pancurannya ke kanan atau ke kiri.

Handled shower head

Biasanya nih, ada yang lebih suka memegang dan meratakan air ke seluruh badan dengan sendirinya, maka inilah pilihan yang tepat. Hanya saja aliran air tidak begitu deras, sehingga mungkin butuh waktu yang sedikit lama untuk membersihkan seluruh tubuh.

Rain shower

Dengan menggunakan shower ini dijamin deh, air bisa meratakan air ke seluruh tubuh. Shower ini juga mampu menyebarkan air dengan deras dan merata. Untuk harganya di atas 1 juta Rupiah ya!

LED hand shower

Kalau mau yang lebih canggih lagi, maka ini jawabannya. Shower ini dilengkapi dengan teknologi LED. Gagang shower juga bisa digantung dan bisa juga digenggam sehingga lebih mudah dan nyaman saat menyemprotkan air ke tubuh.

Namu perlu diketahui bahwa shower dengan arus deras disa membengkakkan tagihan air. Baik itu shower box atau shower tanpa box yang ada di kamar mandi, semuanya bisa membuat tagihan air bertamba. Apalagi kalau setiap mandi aliran airnya deras. Lalu apakah ada cara menyiasatinya? Solusi tepat dari masalah ini adalah lebih baik tidak menggunakan wall shower dengan banyak lubang. Sebagai gantinya, bisa gunakan saja teknologi shower water saving, yang bisa menghemat air hingga 35%. Dengan begitu tagihan tak akan membengkak.

Memilih Model Shower yang Sesuai dengan Rumah

Inilah Hal yang Harus Diketahui Sebelum Membeli Shower

Urusan kamar mandi memang terlihat simple, tapi sebenarnya tidak, apalagi kalau ukurannya sempit. Untuk itu, tatalah dengan rapi agar ia tak terlihat sumpek. Nah, sebelum membeli shower putuskan dulu desain yang tepat. Misalkan, kalau mau kamar mandi tampak lapang, maka cukup gunakan shower box, tanpa ada bak mandi.  Box mandi tersebut bisa menggunakan pintu kaca, lengkap dengan tirai (biar enggak nerawang). Sementara kalau budgetnya banyak dan berencana membuat kamar mandi terlihat lebih mewah, maka bisa letakkan bathtub di sampingnya.

Shower Harus Dirawat dan Dibersihkan dengan Rutin

Inilah Hal yang Harus Diketahui Sebelum Membeli Shower

Shower memang sangat praktis untuk digunakan mandi, namun ia juga butuh perawatan dengan baik. Hal ini dimaksudkan agar tidak terkontaminasi bakteri dan bisa menyerang orang yang mandi di bawahnya. Kadang air yang mengalir melalu shower tak selalu full bersihnya, sebab terkadang ada kotoran yang menempel dan bisa menyebabkan berbagai macam penyakit. Oleh karena itu, kegiatan membersihkan shower harus menjadi agenda kalau mau mempunyai alat mandi satu ini.

Itulah beberapa hal penting saat memutuskan untuk membeli shower. Namun tetap ingat ya sesuaikan dengan kondisi rumah dan budget yang dipunya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *