Mengetahui Kelebihan dan Kekurangan Lampu LED PJU

Kelebihan dan Kekurangan Lampu LED PJU

Di setiap jalanan umum, kini banyak dilakukan penerangan dengan memasang lampu Penerangan Jalanan Umum (PJU). Alat penerangan yang digunakan sebagai penerangan ini biasanya berbeda-beda. Ada yang menggunakan PJU LED dan ada yang menggunakan PJU Tenaga Surya (TS).

Semua jenis lampu PJU tersebut memiliki fungsi untuk menerangi jalanan di malam hari, apalagi hal ini sangat berguna bagi lalu-lalang manusia ataupun kendaraan yang melintas. Kini penggunaan PJU LED cenderung lebih banyak dilihat, akan tetapi penggunaan lampu jalan TS pun masih cukup banyak diminati. Di samping itu, Anda harus mengetahui berbagai hal yang menjadi kelebihan serta kekurangan kedua jenis lampu tersebut.

Kelebihan dan Kekurangan Lampu PJU LED

Kelebihan dan Kekurangan Lampu LED PJU

Penggunaan lampu LED sebagai penerangan jalanan umum memang banyak dipilih. Namun berikut ada beberapa hal yang menjadi kelebihan serta kekurangannya, yang pastinya perlu diketahui.

Kelebihan

Jenis lampu untuk penerangan jalan satu ini, memiliki keunggulan daya yang lebih tahan lama. Meskipun begitu, penggunaan dayanya tetap hemat jika dibandingkan dengan yang lainnya. Alasannya yaitu karena jenis lampu ini memiliki daya listrik yang relatif rendah. Kedua, cahaya yang dipancarkannya tidak menimbulkan panas karena ia tak menghasilkan sinar ultra violet yang bisa membuat panas sekitarnya.

Tak hanya itu, karena alat penerang ini memiliki daya yang lebih kecil dan tidak menimbulkan panas, maka ia juga tidak akan merusak warna penerangan. Lampu seperti ini pun banyak dipilih karena segi efektivitasnya saat digunakan.

Kekurangan

Penggunaan lampu LED sebagai PJU juga masih memiliki kekurangan. Terutama dilihat dari harga setiap unit penerang jenis ini, memiliki harga jual yang cukup menguras budget sedangkan intensitas cahayanya cukup kecil. Kebutuhan untuk penerangan jalan memang biasanya membutuhkan pencahayaan yang lebih besar. Maka jika menggunakan lampu ini, pemerintah harus membeli beberapa unit agar jangkauan pencahayaan sesuai dengan kebutuhan. Penggunaan lampu LED ini memang bisa kita lihat di beberapa sudut jalanan umum, namun kini eksistensinya sedikit lebih menurun.

Kelebihan dan Kekurangan Lampu Jalan Tenaga Surya

Kelebihan dan Kekurangan Lampu LED PJU

Selanjutnya ada jenis lampu PJU Tenaga Surya, yang sumber daya listriknya menggunakan energi matahari. Dan berikut beberapa kelebihan serta kekurangan dari penggunaan alat penerangan ini.

Kelebihan

Karena daya listrik yang dimilikinya didapat dari energi matahari, lampu ini memiliki berbagai keunggulan seperti sumber energi tak terbatas dan bisa didapatkan di mana saja. Apalagi energi matahari akan terus tersedia dan letak Indonesia tepat berada pada garis khatulistiwa. Alat penerangan ini juga lebih aman, serta tidak memerlukan pembangunan jaringan listrik. Dengan pemasangan atau instalasi yang dibuat lebih mudah, maka penggunaannya bisa lebih cepat dinikmati oleh umum.

Selain itu, alat penerangan ini lebih ramah lingkungan karena tenaga surya tidak akan berpengaruh pada perubahan iklim. Dan yang pasti bentuk perawatannya lebih mudah, serta fleksibel atau dapat dipindahkan ke mana saja.

Kekurangan

Untuk mendapatkan setiap satu unit-nya, kita harus merogoh kocek yang tidak murah. Meskipun tergolong ramah lingkungan, namun ternyata alat penerangan ini masih menggunakan bahan silikon yang sedikitnya bisa berpengaruh pada lingkungan jika sudah tak terpakai dan dibuang begitu saja. Maka untuk mengoptimalkannya, perlu didaur ulang dengan cara yang tepat dan hati-hati.

Jika telah mengetahui berbagai kelebihan serta kekurangan dari penggunaan kedua jenis lampu jalan tersebut, maka kita bisa lebih bijak memilih serta mempertimbangkan dengan sebaik mungkin.

 

Dapatkan harga Lampu LED PJU terbaik hanya di temtera.com!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *