Perhatikan 5 Hal Berikut Sebelum Membeli Plafon Akustik

Perhatikan Hal Berikut Sebelum Membeli Plafon Akustik

Plafon merupakan bagian terpenting dalam rumah yang membatasi antara ruangan dengan atap sehingga tampilannya lebih menarik dan terjaga dari suhu yang tinggi. Untuk memenuhi kebutuhan pembangunan, ada banyak jenis plafon yang bisa digunakan dengan segala kelebihannya, salah satunya adalah plafon akustik. Plafon ini terkenal akan kemampuannya dalam meredam suara, sehingga bisa mengantisipasi kebisingan, namun sebelum membeli, ada banyak hal yang perlu diperhatikan sebagai pertimbangan.

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Plafon Bahan Akustik

Demi kepuasan anda dalam menggunakan plafon jenis akustik, maka ada hal yang perlu diperhatikan sebelum membelinya. Nantinya ini akan menjadi bekal bagi anda untuk menjatuhkan pilihan pada plafon jenis ini, di antaranya :

1. Persiapkan Dana yang Lebih

Perhatikan Hal Berikut Sebelum Membeli Plafon Akustik

Jika ingin membuat ruangan anda terhindar dari bising yang mengganggu aktivitas, maka pemilihan plafon akustik adalah hal yang paling tepat untuk dilakukan. Namun anda harus tahu bahwa harga plafon jenis ini tentu lebih mahal dibandingkan jenis lainnya, sesuai dengan manfaat dan kelebihan yang ditawarkan.

Oleh sebab itu, jika anda ingin membelinya, rencanakan jauh-jauh hari agar bisa mempersiapkan dana yang lebih dari standar. Namun jika budget yang dimiliki belum cukup, sebaiknya undurkan waktu pemasangan hingga dananya terkumpul dan ada kelebihan untuk berjaga-jaga.

2. Pilih Supplier Terpercaya

Perhatikan Hal Berikut Sebelum Membeli Plafon Akustik

Plafon jenis akustik ini masih sangat langka dan sulit didapatkan di Indonesia, hanya beberapa supplier saja yang bisa memproduksinya baik secara online ataupun offline. Karena sifatnya yang langka, maka anda harus lebih berhati-hati dalam memilih supplier, karena kondisi ini bisa dimanfaatkan untuk menaikkan harga jauh di atas standar.

Oleh sebab itu, walaupun anda sangat membutuhkan plafon jenis akustik untuk mereda kebisingan, jangan asal membeli ketika menemukan toko yang menjualnya. Namun, pastikan terlebih dahulu bahwa  toko ini benar-benar berkualitas dan terpercaya sehingga anda terhindar dari penipuan.

3. Memilih Ketebalan yang Sesuai Kebutuhan

Perhatikan Hal Berikut Sebelum Membeli Plafon Akustik

Plafon akustik memiliki beberapa spesifikasi yang bisa menjadi pilihan, jika dilihat dari ketebalannya, ada yang berukuran 9 mm hingga 15 mm. Jika ruangan yang ingin dipasang plafon ini sangat bising, seperti rumah yang ada di pinggir jalan raya, atau ruang karaoke umum, maka pilihlah ketebalan 15 mm agar lebih maksimal dan tentunya jauh lebih kuat.

Sebaliknya, jika area ruangan berada di dalam perkampungan dengan tingkat suhu cuaca yang tidak terlalu tinggi gunakanlah yang memiliki ketebalan 9 mm. Dengan demikian, anda tidak akan melakukan pemborosan karena memilih plafon yang tebal, padahal area rumah aman dari cuaca ekstrem dan suara bising yang berlebihan.

4. Pastikan Lokasi Pemasangan Plafon Aman

Perhatikan Hal Berikut Sebelum Membeli Plafon Akustik

Walaupun unggul dari sifatnya yang  mampu meredam suara, namun plafon jenis akustik ini tidak memiliki ketahanan yang cukup baik terhadap air. Oleh sebab itu, sebelum membeli dan melakukan pemasangan, pastikan ruangan yang akan diaplikasikan aman dari rembesan air.

Anda bisa melakukan pengecekan atap rumah bangunan sebelum membeli. Jika didapati kebocoran walaupun sedikit, sebaiknya perbaiki terlebih dahulu. Hal ini dilakukan demi menjaga daya tahan plafon yang digunakan.

Dari beberapa hal yang harus dipertimbangkan sebelum membeli plafon jenis akustik, dapat disimpulkan bahwa perencanaan pembelian penting untuk dilakukan. Jangan hanya karena ingin ruangan tidak bising, anda terburu-buru membelinya di sembarang tempat. Bila perlu, konsultasikan rencana pemasangan plafon akustik pada teman atau kerabat yang sudah berpengalaman melakukan pemasangan plafon jenis ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *